Jakarta, Prohealth.id – Solusi berbasis AI ini hadir membawa inovasi di tengah tantangan infrastruktur, akses terbatas, dan kebutuhan layanan medis yang semakin kompleks.
Bertautan dengan hal tersebut maka IBM bekerja sama dengan mitra regionalnya di Asia Tenggara. Kali ini untuk mendorong transformasi dan memberikan solusi yang relevan dengan pendekatan yang etis dan berdampak nyata.
Pelbagai inovasi bertujuan memperkuat sistem kesehatan dan memperluas akses perawatan berkualitas di seluruh kawasan dengan memanfaatkan kekuatan teknologi AI generatif watsonx. Teknologi ini memiliki kemampuan analitik berbasis data. Demikian keterangan dikutip dari rilis yang diterima Prohealth.id pada Mei 2025.
Implementasi Pada Sistem Kesehatan
Sejumlah inisiatif dan solusi AI di Asia Tenggara. Seperti rintisan DoctorTool di Indonesia menggunakan watsonx.ai untuk menciptakan sistem resep obat cerdas. Sistem ini mendukung kepatuhan pada regulasi nasional dan membantu mencegah penipuan asuransi. Ini menjadi solusi penting bagi sistem kesehatan di negara kepulauan.
Holi Pharma dan Ethica di Indonesia, bagian dari PYFA Group, bekerja sama dengan IBM Consulting dan SAP untuk menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis cloud. Sehingga mempercepat produksi, meningkatkan visibilitas operasional, dan menjamin keandalan distribusi obat. Hal ini langsung berdampak pada akses pasien terhadap obat esensial.
Rumah Sakit Maharaj Nakorn Chiang Mai Thailand mengaplikasikan watsonx.ai dan watsonx.data untuk mengotomatisasi pemesanan laboratorium, menganalisis catatan medis, serta merekomendasikan jalur perawatan. Langkah ini menghasilkan efisiensi sumber daya, pengurangan waktu tunggu, dan peningkatan kecepatan pengambilan keputusan klinis.
Sistem patologi digital berbasis AI yang diterapkan di Rumah Sakit Siriraj Piyamaharajkarun Thailand mempercepat diagnosis kanker dan meningkatkan akurasi bagi pasien yang menunggu hasil diagnosis kritis.
Kemudian peningkatan platform telehealth dengan AI kini memungkinkan konsultasi jarak jauh, analitik prediktif, dan dukungan keputusan klinis. Akibatnya bisa membuka akses perawatan spesialis bagi masyarakat di wilayah terpencil Asia Tenggara.
Bukan Sekadar Pemutakhiran Teknologi
Transformasi layanan kesehatan berbasis AI tidak akan berhasil jika tanpa disertai pondasi etika yang kuat.
IBM merupakan pionir dunia dalam teknologi cloud hybrid dan kecerdasan buatan. Klien di lebih dari 175 negara telah dibantu dalam mempercepat transformasi digital.
Karena itu prinsip transparansi, keadilan, dan pengawasan manusia dalam setiap implementasi teknologi agar inovasi tetap berfokus pada kepentingan pasien penting ditekankan.
Kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia turut menjadi faktor penentu keberhasilan transformasi. Perbedaan adopsi digital antar negara dan bahkan antar rumah sakit membutuhkan investasi berkelanjutan dalam pelatihan, konektivitas, dan perubahan budaya organisasi.
Presiden Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih mengatakan bahwa adopsi AI dalam sektor kesehatan bukan sekadar pemutakhiran teknologi. Sebaliknya, ini adalah bagian dari upaya nyata untuk memperluas akses terhadap layanan yang lebih berkualitas dan merata di seluruh Indonesia.
“Kami di IBM percaya bahwa kolaborasi lintas sektor dan pendekatan etis akan mempercepat terciptanya sistem kesehatan yang lebih tangguh dan inklusif,” katanya.
Ia menyebut, ketika solusi seperti sistem resep cerdas atau telemedisin berbasis AI mulai digunakan secara luas, IBM melihat potensi besar untuk kesehatan. Terutama untuk membangun sistem kesehatan yang lebih responsif, efisien, dan berpusat pada pasien.
Editor: Gloria Fransisca Katharina Lawi
Discussion about this post