in ,

Bos Djarum Budi Hartono Masih Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Deretan orang terkaya di Indonesia sampai saat ini masih diduduki dengan posisi paling atas adalah para pengusaha rokok.

Michael Hartono. Sumber Foto: https://img.mensxp.com/

Jakarta, Prohealth.id — Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat Forbes telah merilis peringkat daftar orang terkaya di dunia pada April 2021. Adapun platform tersebut ditujukan untuk menyediakan pembaruan berlekanjutan tentang kekayaan bersih dan peringkat setiap individu yang dikonfirmasi oleh Forbes sebagai miliader.

Dari daftar itu, sebanyak tiga orang Indonesia yang masuk dalam peringkat sebagai orang terkaya di Indonesia, diketahui terafiliasi dengan industri rokok. Berikut nama-nama mereka:

 

  1. Robert Budi Hartono

Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono (yang kekayaannya dicantumkan terpisah), adalah dua orang terkaya di Indonesia. Dua bersaudara tersebut mendapatkan sebagian besar kekayaan mereka dari investasi mereka di Bank Central Asia (BCA). Selain itu keluarga Hartono masih menjadi keluarga paling kaya dengan didukung bisnis tembakau atau pembuat rokok kretek terbesar di Indonesia.

 

  1. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono adalah salah seorang pemilik perusahaan rokok kretek Indonesia, Djarum. Bambang dan adiknya, Robert Budi Hartono, mewarisi Djarum setelah ayah mereka, Oei Wie Gwan, meninggal pada tahun 1963. Oei Wie Gwan meninggal tidak lama setelah pabrik rokok Djarum terbakar habis.

 

  1. Prajogo Pangestu

Prajogo pangestu merupakan pemilik perusahaan Barito Pacific Timber. Perusahaan tersebut menjadi banyak dikenal pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada tahun 2007.

Pada 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70 persen perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical yang juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. PT Chandra Asri Petrochemical bekerja sama dengan perusahaan rokok PT Djarum memanfaatkan sampah plastik untuk digunakan sebagai bahan campuran aspal.

Kemitraan perseroan dengan Djarum merupakan bukti dari komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengelola sampah plastik yang bernilai ekonomi menjadi aspal.  Pengaspalan dilakukan di area pabrik Djarum di Kudus, Jawa Tengah. Total area pengaspalan adalah seluas 39.000 meter persegi dan menggunakan campuran sampah plastik sebanyak 7,1 juta lembar.

 

PENGUSAHA ROKOK: ROKOK TERKAYA DI INDONESIA

Secara keseluruhan, sebanyak 10 orang Indonesia tergabung dalam peringkat sebagai orang terkaya di dunia. Harta para orang kaya Indonesia tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2021 versi majalah Forbes:

 

  1. R Budi Hartono dengan nilai kekayaan 20,5 miliar dollar AS atau Rp287 triliun, sumber kekayaan bisnis perbankan dan tembakau.

 

  1. Michael Hartono dengan nilai kekayaan 19,7 miliar dollar AS atau Rp275,8 triliun, sumber kekayaan bisnis perbankan dan tembakau.

 

  1. Prajogo Pangestu dengan nilai kekayaan 6,5 miliar dollar AS atau Rp91 triliun, sumber kekayaan bisnis petrokimia.

 

  1. Chairul Tanjung dengan nilai kekayaan 4,8 miliar dollar AS atau Rp67,2 triliun, sumber kekayaan beragam.

 

  1. Tahir dan keluarga dengan nilai kekayaan 3,3 miliar dollar AS atau Rp46,2 triliun, sumber kekayaan beragam.

 

  1. Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan nilai kekayaan 3 miliar dollar AS atau Rp42 triliun, sumber kekayaan bisnis media dan teknologi.

 

  1. Jerry Ng dengan nilai kekayaan 2,5 miliar dollar AS atau Rp35 triliun, sumber kekayaan bisnis perbankan.

 

  1. Theodore Rachmat dengan nilai kekayaan 1,7 miliar dollar AS atau Rp23,8 triliun, sumber kekayaan beragam.

 

  1. Mochtar Riady dan keluarga dengan nilai kekayaan 1,7 miliar dollar AS atau Rp23,8 triliun, sumber kekayaan beragam.

 

  1. Djoko Susanto dengan nilai kekayaan 1,7 miliar dollar AS atau Rp23,8 triliun, sumber kekayaan bisnis supermarket.

 

Penulis: Jekson Simanjuntak

Editor: Gloria Fransisca Katharina Lawi

Share

Written by Admin

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

YLKI: Indonesia Bisa Jadi Tertawaan Internasional

Anak dan Remaja Tak Perlu KTP Untuk Bisa Merokok